Minggu, 29 September 2013

Jurnal Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran Matematika

Perkembangan ICT telah memberikan pengaruh terhadap dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Sebagai seorang guru professional, guru harus memiliki 5 tugas pokok yaitu :
  1. Merencanakan pembelajaran
  2. Melaksanakan pembelajaran
  3. Mengevaluasi hasil pembelajaran
  4. Menindaklanjuti hasil pembelajaran
  5. Melakukan bimbingan dan konseling
ICT dapat berperan pada kelima tugas pokok tersebut.

Dalam pembelajaran matematika yang paling penting ditekankan adalah keteterampilan dalam proses berpikir logis, analitis, sistematis dan konsisten. Utnuk membantu dalam proses berpikir tersebut, gambar atau animasi dapat digunakan. ICT (Information and Communiction Technology) dapat berperan disini.
Pada saat pelaksanaan pembelajaran, komputer dapat digunakan sebagai media. komputer bisa menyajikan media dalam bentuk grafis dan audiovideo. Tentunya ini akan menambah daya tarik bagi siswa dalam belajar. Sifat kemonontonan penyajian pada pengajaran konvensional dapat dikurangi. Pembelajaran matematika yang selama ini dianggap sangat ‘menakutkan’.
Dengan bantuan beberapa perangkat lunak beberapa konsep matematika seperti volume benda putar, konsep limit dan geometri dngan mudah dapat diterangkan dan bukti-bukti matematika dapat disajikan dengan lebih menarik.
Penerapan TIK dalam dunia pendidikan matematika pada dasar menyesuaikan dengan karakteristik matematika. Dimana karakteristik matematika memiliki objek kajian abstrak dan membutuhkan daya berpikir logis yang pada dasarnya adalah pemicu awal munculnya teknologi komputer yang berasal dari mesin hitung, kalkulator. Jauh sebelum munculnya istilah-istilah yang ada pada teknologi komputer yang cakupan diantaranya adalah program-program/software-software komputer yang semakin banyak berkembang,  pembelajaran matematika sudah memanfaatkan kalkulator sebagai media pembelajaran. sebagaimana diungkapkan oleh Yaya S.Kusumah dalam pidato pengukuhan guru besarnya bahwa sudah saatnya komputer diberdayakan untuk kepentingan pembelajaran matematika, bukan saja menyelesaikan masalah-masalah matematika, tetapi juga memberi bantuan tentang cara penyampaian materi matematika itu sendiri dengan cara-cara yang menarik, menantang, dan memperhatikan perbedaan individual siswa.
Jika melihat karakteristik matematika, memang beberapa materi seperti Metode Numerik ataupun program linear pemanfaatan media komputer sangat perlu karena pada kasus-kasus yang lebih kompleks perhitungan yang diilakukan manual sangat tidak efektif dan efisien.

http://januarmat.wordpress.com/2012/10/05/pemanfaatan-ict-dalam-pembelajaran-matematika-bagi-anak-usia-dini/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar